KILL THE DJ x LIBERTARIA – ORA MINGGIR TABRAK (SELF RELEASE SOUNDTRACK FILM AADC2)

Artwork _ Libertaria - Ora Minggir Tabrak (Kill The DJ x Libertaria)

Euforia dari rilisnya sekuel film legendaris Ada Apa Dengan Cinta (AADC) sudah semakin panas, bahkan sejak proses produksi film ini, meskipun rilisnya baru akan terjadi pada akhir April, setiap kemunculan berita atau trailer, bahkan iklan komersil, menjadi trend di sosial media. Hal ini wajar karena AADC dicatat sebagai tonggak kebangkitan film nasional. Bagi mereka yang berumur 30 s/d 40 tahun dan pada tahun 2002 bersinggungan dengan hebohnya AADC, pasti ingat betul setiap deatil peristiwanya, bahkan hingga dialog-dilaog dalam film tersebut. Tidak ketinggalan lagu-lagu dalam album soundtrack AADC yang digarap oleh Anto Hoed dan Melly Goeslaw yang mengiringi kisah kasih Rangga dan Cinta.

Pada AADC2, Anto Hoed dan Melly Goeslaw kembali terlibat untuk membuat album soundtrack-nya, namun ada satu nama musisi dari Yogyakarta; Marzuki Mohamad a.k.a Kill the DJ dipilih untuk membuat single sebagai soundtrack AADC2. Pria yang akrab disapa Juki, pendiri Jogja Hip Hop Foundation ini, awalnya mengaku ragu dengan tawaran Mira Lesmana (produser) dan Riri Riza (sutradara), dia berpikir bahwa karakter musiknya tidak akan cocok dengan film AADC2. Namun setelah membaca naskah dan melalui berbagai diskusi akhirnya menyanggupi tawaran tersebut.

Sesuai dengan karakter musiknya yang nJawani, Kill the DJ kemudian mencari referensi literatur Jawa yang bisa cocok dengan scene AADC2 yang melibatkan dirinya. Juki mereproduksi teks Cakra Manggilingan dan lagu dolanan anak untuk menggambarkan waktu yang terus berjalan dan setiap orang akan tumbuh secara organik untuk membentuk dirinya, kadang kita bangga, kadang kita menyesal, namun tidak akan bisa memutar ulang setiap momen yang sudah lewat. Dari teks tersebut terciptalah sebuah lagu yang diberi judul “Ora Minggir Tabrak” dalam gaya Electronic Dance Music (EDM) namun masih dengan sentuhan Jawa. Kill The DJ bekerja dengan Libertaria, sebuah unit elektronika baru yang dia dirikan bersama Balance sebagai co-produser.

Karena alasan teknis dan profesional, Kill the DJ dan Libertaria memilih untuk merilis sendiri single tersebut. Bekerjasama dengan DoggyHouse Records (DHR), single Ora Minggir Tabrak akan dirilis perdana pada 14 April 2016 via video clip di YouTube yang digarap oleh Achong Panuju dan X-Code Film.

Format audio dari single iniĀ  tersedia dalam digital download sementara rilisan fisik-nya dikemas dalam bentuk flashdisk dengan desain menyerupai kartu SIM dimana keduanya akan dirilis DHR pada tanggal 23 April 2016 bertepatan dengan gala premiere film AADC2 yang akan digelar di Yogyakarta.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *