Anak-Anak, Berdendang, dan Refreshing di Mini Album Sentimental Moods

Setelah sukses dan diapresiasi khalayak via layanan musik digital Spotify, iTunes, Deezer, dan sebagainya di tanggal rilisnya (23 Juli 2018), EP spesial ini terus menyebarkan virus ska yang mengasyikkan. Kali ini EP bertajuk “Sentimental Moods featuring Vocals” ini dirilis dalam bentuk kaset. Bekerjasama dengan label Jogja DoggyHouse Records (yang juga merilis LP kedua SM, Semburat), kaset ini dirilis serentak di Jogjakarta dan Jakarta di momentum Cassette Store Day tanggal 13 Oktober 2018.

Mengapa kaset dan bukan CD seperti band-band lainnya? Bukan, Sentimental Moods bukan (hanya) hendak berbeda, tapi ternyata banyak rikues yang datang untuk merilis dalam bentuk fisik. Salah satu yang terbesar ya dalam bentuk kaset. Fenomena naik daunnya kaset kembali memang makin ramai di industri musik, terutama di skena indie. Jadi tak ada salahnya, selain CD yang memang sudah dipersiapkan dan akan dirilis setelah ini, kaset pun dirilis untuk memenuhi permintaan audiens musik Sentimental Moods.

Diharapkan rilisan fisik ini bisa memperluas semangat bermusik dan berkreasi ala unit ska yang biasanya tampil ber-instrumental ria ini. Dimotori oleh Daniel Sukoco (bariton), Yurie Fachran (tenor), Taufiq Alkatiri (trumpet), Amoroso Romadian (trombone), Pardifa Efrido (bass), Wirastomo HW (gitar), Dharmo Soedirman (kibor), dan Rahmad Arifin (drum), Sentimental Moods mempersembahkan sebuah kreasi musikal lewat komposisi bervokal. Tentu dengan melibatkan tiga biduan yang tak hanya memiliki kualitas vokal kelas wahid, tapi juga dikenal di industri musik lokal.

Sebut saja Bonita, seorang penyanyi yang dikenal memiliki range serta karakter vokal yang tak diragukan lagi. Tak heran para personel SM sudah menetapkan dia sebagai orang yang akan menyanyikan lagu yang saat itu sedang proses penciptaan. Gayung bersambut, tanpa banyak cingcong Bonita langsung mengiyakan permintaan SM padanya untuk mengisi lagu anak-anak gaya ska bertajuk ‘Suka-Suka’.

Selain berisi lagu anak-anak bergaya ska tersebut, Taufiq cs juga mengolah ulang lagu-lagu cover bervokal yang sebelumnya pernah dirilis SM sebagai bagian dari EP-EP Sentimental Moods sebelumnya. Maka kurasi langsung tertuju pada dua lagu cover yang cukup populer di kalangan audiens setia SM, hampir selalu mengisi playlist gig-gig SM, yakni Jembatan Merah karya Gesang dan Payung Fantasi karya Ismail Marzuki.

Dua komposisi cover ini tak hanya dimixing serta mastering ulang agar sesuai dengan karakter EP, namun juga diaransemen dan direkam ulang. Jembatan Merah versi SM tetap dipercantik melalui olah vokal istimewa seorang Aprillia Apsari dari White Shoes and The Couples Company. Sedangkan Payung Fantasi versi SM yang selama ini dikenal instrumental, khusus untuk mini album “Sentimental Moods featuring Vocals” ini diaransemen ulang oleh Yurie cs menjadi komposisi bervokal dengan bantuan biduanita bersuara alto, Novel Evelyn.

So, mari ber-skankin’ ria kawan!

Track 1
Suka-Suka

*Musik/Lirik: masmo
* Produser: Daniel Sukoco dan Taufiq Alkatiri
* Aransemen: Sentimental Moods
* Direkam dan di-mixing: Edwin @ SAE Recording Studio , Jakarta (April, 2016)
* Mastering: Satrio Utomo @ Griffin Studio, Malang (Juni, 2018)

Terhitung sudah dua tahun usia lagu ini, sejak direkam serta mixing/mastering hingga akhirnya dirilis sebagai bagian dari mini album ini. Awalnya lagu yang memang diciptakan dalam rangka Hari Anak Nasional yang dirayakan tiap tanggal 23 Juli ini, direkam untuk kebutuhan tugas akhir teman kami Edwin, yang menekuni bidang sound engineering di SAE Institure Jakarta. Direkam dalam dua versi, untuk versi instrumentalnya telah lebih dahulu dirilis dalam album kompilasi Record Store Day 2018 April lalu. Sedangkan untuk versi bervokal, kami dibantu seorang penyanyi senior di skena indie, Bonita Adi yang dikenal juga dengankelompok musiknya, Bonita and The Hus Band.

 

Track 2
Payung Fantasi

*Musik/Lirik: Ismail Marzuki
* Produser: Dharmo Soedirman
* Aransemen: Sentimental Moods
* Perekam: Yurie Fachran dan Rangga Risto @ Ptiga5 Studio, Jakarta (Maret, 2018)
* Mixing/mastering: Satrio Utomo @ Griffin Studio, Malang (Juni, 2018)

Lagu yang diciptakan Ismail Marzuki tahun 1955, dan pertama kali dirilis dan dinyanyikan Bing Slamet tahun 1958 ini, pernah diaransemen ulang oleh Sentimental Moods sebagai komposisi instrumental. Versi tersebut kemudian dirilis sebagai bagian dari EP Self-tittled perdana unit ska asal Jakarta ini tahun 2012. Respon yang bagus dari penikmat musik Sentimental Moods atas cover version Payung Fantasi intrumental tersebut (malah jadi playlist tetap di tiap gig), akhirnya malah menjadi rikues audiens untuk membuat versi bervokalnya. Enam tahun lewat, akhirnya diwujudkan dengan modifikasi aransemen, direkam ulang secara live, plus tentunya bantuan Novel Evelyn Silaban (vokalis band ska/rock steady Caltonette Serenades) sebagai biduannya.

 

Track 3
Jembatan Merah

*Musik/Lirik: Gesang
* Produser: Wirastomo HW dan Dharmo Soedirman
* Aransemen: Sentimental Moods
* Direkam: Yurie Fachran @ Ptiga5 Studio, Jakarta (September, 2014)
* Remixing/mastering: Satrio Utomo @ Griffin Studio, Malang (Juni, 2018)


Merupakan lagu bervokal petama yang pernah dibawakan dan direkam oleh Sentimental Moods. Versi aransemen ulang dari karya legendaris Gesang tahun 1940an ini, pertama kali rilis sebagai bagian dari EP November Sepuluh tahun 2014. Suara merdu Aprillia Apsari alias Nona Sari dari White Shoes & The Copules Company pun mengisi kebutuhan vokal aransemen ini. Lagu yang mengisahkan cinta seorang gadis yang melepas kekasihnya berjuang di era revolusi kemerdekaan Indonesia  ini, sempat dimixing/mastering ulang lalu dirilis sebagai CD untuk kebutuhan lomba/tes sistem audio di mobil (SQ) awal 2018 lalu. Akhirnya lagu yang diciptakan sebagai lagu langgam (salah satu gaya di keroncong) tersebut kembali di-remixing dan remastering untuk dirilis dalam EP ini.  

 

===
Untuk info lebih lanjut dan booking gig, silakan kontak:
Phone/WA >> 0813-8450-6513 (Risto Angga)
Email >> sentimoods@gmail.com

Untuk mendapatkan kaset Sentimental Moods, hubungi Doggy Shop Jogja – 0877-3970-4599 (Whatsapp)

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *