Koleidoskop DoggyHouse Records 2015

Koleidoskop DoggyHouse Records 2015
2015 adalah sebuah tahun yang penuh keriaan sekaligus kerja keras bagi kami. Sebagai sebuah divisi baru di manajemen Shaggydog, tahun ini kami mulai banyak bekerjasama dengan divisi lain untuk membuat sebuah event bersama (Launching Maskot Doggy, DoggyHouse Berbagi, Sound Of Ska #5 serta pameran Special Buat Kamu).
2015 ini kami mulai aktif keluar kota untuk mempromosikan label dan rilisan kami. Kami juga mulai mendapatkan undangan sebagai pembicara di diskusi mengenai musik baik di sekitaran Jogja sendiri maupun luar kota.
Tahun ini pula kami bergabung bersama kolektif toko musik dan records label di Yogyakarta yang bernama Jogja Records Store Club. Kolektif ini aktif berkegiatan dalam bidang musik, tak hanya menggelar lapakan musik bersama tapi juga membuat peta records store serta gig musik.
Di 2015 ini kami juga banyak berpartisipasi dalam acara musik yang banyak mengekspos band-band baru yang menurut kami sangat potensial untuk dikulik. Event musik semacam Lelagu, Before Sunset dan Minor Listen adalah beberapa diantaranya yang menurut kami layak untuk disupport. Tak jarang kami menemukan band baru yang mampu meluluhkan hati kami di gig intim tersebut.
Terima kasih kami tak akan pernah cukup untuk menggambarkan betapa tanpa kalian, kami bukanlah apa apa:
Tabik untuk rekan rekan Shaggydog yang selalu memberi kami masukan mengenai apa yang terbaik untuk kami lakukan, kami belajar banyak dari kalian!
Para crew Shaggydog yang selalu siap sedia membantu pelaksanaan acara yang kami organize bersama, kalian terbaik!
Tim Doggy Shop yang selama ini bekerjasama dalam pembuatan event bersama juga penjualan rilisan kami, tanpa kalian kami pasti kewalahan.
Tak lupa ucapan terima kasih juga bagi kalian semua (band, teman lapak, records label, media, Doggies dll) yang sudah membantu dan menginspirasi kami selama ini!
Berikut beberapa highlight keriaan tahun 2015 yang berkesan bagi kami:
3 Januari
Kami membuka 2015 dengan promosi dan distribusi DVD Sangkakala “Moviemetalithicum”. Beberapa review mengenai DVD ini di webzine dan media massa mulai bermunculan.
14 Januari
15 Januari
Lapak DHR berpartisipasi dalam event musik akustik dan seni, Lelagu #13 di Kedai Kebun Forum. Highlight di gig ini adalah penampilan Recycle Bicycle yang kebanyakan personelnya adalah member Aurette and The Polska Seeking Carnival.
4-12 Februari
Kami berada di Jepang dalam rangka Asian Meeting Festival 2015. Banyak berkunjung ke toko musik serta bertemu dan berbagi ilmu dengan pemilik records label, wartawan musik, organiser serta musisi Jepang dan Asia lainnya.
18 Februari
FSTVLST, salah satu band yang ada dalam kompilasi V/A Doggy Bark menggelar rangkaian launching album bertajuk Tanah Indah di PPKH UGM. Kami ikut berpartisipasi membuka stand lapak di acara tersebut.
19 Februari
Masih dalam rangka Tanah Indah-nya FSTVLST, kami diundang dalam sesi diskusi musik Creative Sharing Workshop & Discussion dengan tema: BAND IS A BRAND bersama Music Director Geronimo FM, Awang dan Blangkon “Sangkakala” bertempat di lantai 2 Galeri PKKH UGM.
9 Maret
Bertepatan dengan Hari Musik Nasional 2015, kami mendistribusikan DVD Sangkakala“Moviemetalithicum” hingga mencakup pulau Jawa, Sumatra, Bali dan Sulawesi.
13 Maret
Kami resmi meminang band Indiepop Yogyakarta, Summer In Vienna, untuk merilis ulang EP mereka dalam bentuk kaset.
28 Maret
Kami berada di Samarinda, Kalimantan Timur, dalam rangka pemutaran dvd Sangkakala “Moviemetalithicum” serta diundang sebagai pembicara dalam sebuah diskusi mengenai musik bertempat di Black Bird Coffee Bar, Samarinda.
9 April
Komunitas SoundCloud Yogyakarta mengundang kami sebagai pembicara di SCYK Meet Up yang digelar di Djendelo. Disini kami berbicara mengenai manajemen band dan records label.
10 – 12 April
Kami bersama beberapa records label dan lapak musik Yogyakarta mengisi stand Records Lounge di The Parade 2015 yang bertempat di Jogja Expo Center. Ini juga merupakan moment awal dari sebuah kolektif records shop, Jogja Records Store Club.
18 April
Perilisan ulang EP Summer In Vienna “Shallow Lagoon Holidays” dalam format kaset. Perilisan album ini bertepatan juga dengan event Records Store Day chapter Yogyakarta yang bertempat di halaman Bentara Budaya. Tanggal ini juga bertepatan dengan mulai beroperasinya website DoggyHouse Records di www.doggyhouserecords.com
22 April
Pembukaan pameran Special Buat Kamu: Pameran Karya Doggies dan Kawan Shaggydog di Ace House Collective. Ada DJ Heruwa, Astroboy, DJ Kawan Dolly dan penampilan akustik Shaggydog di pembukaan ini. Pameran-nya sendiri berlangsung hingga 1 Mei 2015.
13 Mei
Serigala Malam dan D.P.M.B, dua grup band yang berpartisipasi dalam kompilasi v/a Doggy Barks! menggelar launching album mereka di Jogja National Museum.
18 Mei
Tabs Out, sebuah portal media internet dari Amerika merilis video dokumenter mengenai budaya kaset di Jawa “CASSETTE CULTURE IN CENTRAL JAVA” dimana mereka menginterview kami juga.

Cek videonya DISINI
20 Mei
Kami diundang sebagai pembicara di acara FGD Lelagu #2 di Kedai Kebun Forum. Disini kami berdiskusi mengenai seluk beluk lapak musik.
1 Juni
Shaggydog berulang tahun ke 18. Momen 18 tahun Shaggydog ini ditandai dengan tagar #PAST18ERSINAR
3 Juni
Lapak DHR menggelar dagangan musiknya di event All You Can Art #8: Fashound yang diselenggarakan di Balai Utari.
20 Juni 
Bersama geng Shaggydog lainnya, kami menggelar Doggy House Berbagi: Syukuran 18 Tahun Shaggydog. Di dalam rangkaian acara ini, jalan di depan kantor DoggyHouse ditutup sementara, dan ada pemotongan tumpeng, lapak musik, putar vinyl kesayangan, angkringan gratis untuk berbuka puasa bersama serta penampilan akustik dari Sisir Tanah dan Shaggydog.
27 Juni
Lapak DHR ikut dalam event Lapak Midnight di Ace House Collective. Sebuah acara jualan rilisan musik dari malam sampai menjelang sahur yang bertepatan di bulan puasa.
Awal Juli
Shaggydog mulai proses rekaman album terbaru di masa bulan Ramadhan. Sujiwo Tedjo datang ke Doggyhouse Studio untuk merekam ‘Suluk’ dan mengisi part saxophone yang akan masuk dalam album terbaru Shaggydog nanti. Tim DoggyHouse Records mendokumentasikan video proses rekaman ini. Momen tersebut bisa ditelusuri melalui tagar #MarhabanYaRekaman di media sosial instagram.
4 Juli
DoggyHouse Records ikut berpartisipasi dalam event akustik, Before Sunset, di Larre Treehouse.
1 Agustus
Shaggydog didukung oleh Doggyhouse Records, Hurley dan PT Orang Tua mengorganizir Sound of Ska #5 di Jogja National Museum bersama 8 band Ska berbagai generasi termasuk diantaranya Shaggydog, Social Hitam Putih, Noin Bullet dan Sentimental Moods.
6 Agustus 
Kami ikut berpartisipasi dalam gig besutan Olivine Studio, Minor Listen #8. Sebuah gig yang diramaikan dengan beberapa band Indie baru yang potensial dari Yogyakarta.
26-30 Agustus 
Lapak DHR berpartisipasi dalam event PAPERU yang bertempat di Siti Hinggil, alun alun selatan.
Agustus – 5 September
DoggyHouse Records bersama rekan rekan Jogja Records Store Club berpartisipasi dalam event Festival Kesenian Yogyakarta. Selama 20 hari melapak bertempat di Taman Kuliner.
7 September
Merilis digital lagu kolaborasi DubYouth dengan Masia One yang diberi judul “Ba Ba Boom”. Single ini kemudian digunakan menjadi materi untuk kontes remix “10 Milli Remix Contest” yang bertepatan dengan perayaan 10 tahun DubYouth. Single ini bisa diunduh di http://doggyhouserecords.com/dubyouth-featuring-masia-one-ba-ba-boom/
20 September 
Bersama teman teman di Cirebon, DoggyHouse Records menggelar The Sunday Afternoon Screening. Acara ini berupa pemutaran dvd dokumenter Sangkakala “Moviemetalithicum” yang bertempat di Ruang Alternatif Kebon Pelok, Jalan Pramuka No 6 Kalijaga, Cirebon.
22 – 30 September
DoggyHouse Records bersama team Jogja Records Store Club ikut berpartisipasi dalam event aneka seni kerajinan dan kuliner tahunan, Pasar Yakopan, yang diselenggarakan di Bentara Budaya Yogyakarta.
25 – 27 September
Kami diundang RURU Corps sebagai pembicara dalam sebuah diskusi mengenai pengorganisiran gig. Acara diskusi ini bertempat di Tanakita Camping Ground, Sukabumi dalam rangkaian festival musik outdoor, RRREC Fest In TheValley 2015. 
3 – 16 Oktober 
DoggyHouse Records dan Hurley mensponsori event JURA HITS THE ROAD AGAIN – JAVA TOUR 2015, sebuah tour dari ROMBONG REGGAE SOUNDSYSTEM (Bali). Mereka menggelar 8 show di Jawa dan Bali sementara di Jogja sendiri diselenggarakan di Papricano dengan tambahan penampilan dari DubYouth.
7 Oktober
Bersama Hurley, 10 Milli Remix Contest mulai digelar dan selama sebulan dibuka untuk umum dalam meraih hadiah total Rp. 10.000.000. Moment ini diabadikan dalam tagar #10MilliRemixContest
13 Oktober
Berpartisipasi dalam Cassette Store Day 2015 di Bentara Budaya bersama 20an lapak musik dan records label dari Jogja dan Solo. Di event ini Jogja Records Store Club resmi merilis peta records store Jogja serta kompilasi kaset yang berisi band Indie baru yang potensial dari kota ini.
19 November 
Kami memfasilitasi Shaggydog dalam bekerjasama dengan seniman cum musisi, Arya Jalu, untuk membuat maskot Shaggydog, Doggy. Dalam perkembangannya kemudian menggandeng 10 seniman cum musisi Yogyakarta untuk merespon maskot tersebut. Ke 10 kolaborator tersebut adalah Farid “FSTVLST”, Blangkon “Sangkakala”, Sony “Seek Six Sick”, Hahan “Punkasila”, Pandu “Venomed”, Budi Bhodonk “Black Boots”, Rudi Atjeh “Sangkakala”, Agus Patub “Dendang Kampungan”, Oik “Sistem Rijek” dan Dhanu “Morning Horny” serta Angki Purbandono yang sedang mempersiapkan buku perjalan 20 tahun ShaggyDog. Simak video-nya disini : https://www.youtube.com/watch?v=gI1ZEQY01bM
25 November
Menggelar event launching maskot Doggy Doggy! An Urban Toys Exhibition di lobi Green Host Boutique Hotel. Ada penampilan dari Metzdub, Kawan Dolly dan sesi akustik Shaggydog.
27 November 
Pengumuman pemenang 10 Milli Remix Contest yang dimenangkan oleh KMKZ dari Jakarta. Hadiah diserahkan langsung oleh DubYouth di event ulang tahun Camden Bar, Jakarta.
10 Desember 
Kami resmi merilis kolaborasi Heruwa “Shaggydog” & JRX “Superman Is Dead” bertajuk Samiya yang bisa dibeli di iTunes: http://apple.co/1R1VQT1
14 Desember  
Shaggydog memenangkan Hai Reader’s Poll Music Awards untuk kategori The Best Jamaican Music dari majalah Hai.
20 Desember
Pembukaan pre order untuk pembelian single “Samiya” dalam versi rilisan kaset. Single ini akan dirilis dalam paketan berisi kaset, cd dan t-shirt yang dibungkus dalam kemasan boks alumunium daur ulang.
#KoleidoskopDHR2015

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *